Penerimaan Benchmarking Diklatpim Tk. IV Angkatan III Badan Pendidikan dan Pelatihan Prov. Jateng Tahun 2014

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kuningan, Drs. UCA SOMANTRI, M.Si., mewakili Bupati Kuningan menerima Benchmarking Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan III Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jawa Tengah pada hari Selasa, 6 Mei 2014 bertempat di ruang rapat Linggajati Sekretariat Daerah Kabupaten Kuningan.

Secara umum, Benchmarking itu sendiri adalah proses membandingkan dan mengukur suatu kegiatan organisasi terhadap proses operasi yang terbaik dikelasnya sebagai inspirasi dalam meningkatkan kinerja organisasi. Jadi intisari dari Benchmarking ini adalah untuk memungkinkan organisasi dapat membandingkan dengan organisasi kompetitor, dan selanjutnya menjadi alat strategis bagi manajemen untuk meningkatkan kinerjanya.

Sebagaimana amanah dalam Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 13 Tahun 2013 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Bab II mengenai struktur kurikulum, bahwa salah satu mata diklat dari agenda tahap III adalah merancang perubahan dan membangun tim, salah satunya dengan Benchmarking ke Best Practice.

Dengan Benchmarking ke Best Practice diharapkan dapat membekali peserta dengan kemampuan mengadopsi dan mengadaptasi keunggulan organisasi yang memiliki best practice dalam pengelolaan kegiatan.

Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan Benchmarking ini adalah untuk menentukan kunci atau rahasia sukses dari organisasi di Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat yang paling unggul dengan indikator keberhasilan dalam Benchmarking adalah terjadinya perubahan budaya organisasi yang lebih baik, terjadinya perbaikan kinerja dan meningkatnya kemampuan SDM.

Benchmarking ini dilaksanakan selama 4 hari dengan lokus Badan Kepegawaian Daerah, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan. Dalam sambutan Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jawa Barat yang dibacakan oleh ketua rombongan, beliau berpesan agar dapat memanfaatkan kesempatan Benchmarking ini dengan sebaik-baiknya untuk saling berinteraksi dan tukar menukar pengalaman dengan harapan akan dapat membentuk jejaring kerja yang solid sehingga dapat menjalankan tugas secara profesional.